Thukul Dan Bangkitnya Film-Film Non-Main Stream

Selain musim subur bagi sejumlah film nasional yang menggaet penonton di atas satu juta , 2016 diwarnai film-film indie yang lahir dari komunitas . Tempo menyajikan film-film pilihan yang dirilis sepanjang 2016. Tradisi tahunan pemilihan film ini sebagai alternatif bagi festival film yang ada selama ini. Satu hal yang hendak kami capai dari langk ah ini: merayakan kegairahan film nasional yang bermutu.

ADA sejumlah hal menarik yang mewarnai dunia perfilman nasional pada 2016. Untuk pertama kalinya dalam sejarah perfilman Indonesia, ada tujuh film yang berhasil menggaet lebih dari satu juta penonton dalam semester pertama. Film itu adalah Ada Apa dengan Cinta? 2 (3,6 juta penonton), My Stupid Boss (3,1 juta), Rudy Habibie (2 juta), dan Koala Kumal (1,8 juta). Lalu Comic 8: Casino Kings Part 2, I Love You from 38.000 Feet, dan London Love Story, yang masing-masing menyedot penonton 1,8 juta, 1,5 juta, dan 1,2 juta orang. Pada 2016, jagat perfilman Indonesia juga dibikin terperangah oleh jumlah penonton Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.

Film komedi produksi Falcon Pictures yang dirilis pada September lalu itu berhasil mengumpulkan penonton dengan jumlah cukup fantastis: sekitar 6,8 juta! Boleh dibilang 2016 merupakan masa subur bagi film nasional. Menurut data, pada 2015 jumlah penonton film nasional di jaringan Cinema 21 saja sekitar 14,25 juta. Sedangkan pada 2016 jumlahnya melonjak hingga sekitar 20 juta penonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *