Pembangunan Perpustakaan Untuk Komunitas

Beberapa waktu lalu, Yayasan Bulir Padi (Bulir Padi) meresmikan Pustaka Bulir Padi, sebuah taman baca dan perpustakaan yang berlokasi di Lapangan Serbaguna, di Otista, Jatinegara, Jakarta Timur. Pembangunan Pustaka Bulir Padi ini adalah bentuk nyata usaha Bulir Padi untuk meningkatkan minat baca di komunitas prasejahtera di Jakarta, khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Pustaka Bulir Padi ini adalah pustaka bulir padi yang nomor dua dan didirikan oleh Bulir Padi.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Berdasarkan dari jumlah data di Bank Dunia, Indonesia mempunyai minat baca yang paling rendah di antara semua negara Asia Tenggara. Indeksnya hanya 21,7% dibanding negara tetangga, seperti Filipina dan Singapura yang tercatat memiliki minat baca lebih dari 70%. Hasil studi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di tahun 2013 menyatakan, dari 1.000 orang yang ada di Indonesia, hanya ada satu orang saja yang suka membaca. Di tahun yang sama, survei Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia menunjukkan, orang Indonesia paling gemar nonton televisi, yakni sebanyak 91,68 %, sementara yang suka membaca surat kabar hanya 17,6 % saja. Padahal, minat baca harus ditumbuhkan ketika masih dini agar mengasah kemampuan dalam berpikir seseorang sampai dewasa.

Tia Sutresna, Ketua Yayasan Bulir Padi mengatakan, “Bulir Padi mendukung penuh upaya Pemerintah dalam mening katkan minat baca masyarakat Indonesia di tengah tingginya kemajuan teknologi yang semakin mendominasi kegiatan sehari-hari. Pustaka Bulir Padi adalah wujud nyata visi kami agar meningkatkan minat baca. Kami optimis bahwa langkah yang kami lakukan dapat membentuk masyarakat yang lebih berilmu dan kompeten.” Pembangunan Pustaka Bulir Padi mendapat dukungan penuh dari Schneider Electric Indonesia. Sebagian besar dana yang ada di pembangunan Pustaka Bulir Padi berasal dari Schneider Electric Indonesia.

Komitmen Schneider Electric Indonesia juga bisa terlihat dari penggalangan sebanyak 1.000 buku dari para karyawan yang sekarang berada dalam Pustaka Bulir Padi. Buku tersebut bervariasi, mulai buku pelajaran, ensiklopedia, komik sains, dan cerita bergambar yang memiliki nilai edukasi. Country President Schneider Electric Indonesia Riyanto Mashan mengatakan, “Kami peduli terhadap lingkungan di mana pun perusahaan kami berada. Peresmian hari ini merupakan output dari kepedulian tersebut, yaitu berupa donasi kegiatan Schneider Electric ‘Use Your Legs’ yang kami banggakan dan komitmen karyawan dalam penggalangan buku.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *