Mengapa Sulit Bangun Pagi

Rutin bangun pagi pada jam yang sama menjadi latihan bagi si prasekolah untuk membentuk kedisiplinan. Waktu menunjukkan pukul 06.30, Sarah gelisah karena Ray, anak bali- tanya, belum bangun tidur. Padahal Ray harus masuk sekolah dan paling tidak pukul 07.30 ia harus sudah berangkat. Sementara waktu tempuh rumah ke sekolah sekitar 15 menit. Sarah sudah berkali-kali mencoba memba ngunkan Ray.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Dari elus-elus pipi, mengelitik kakinya , cium-cium kecil, sampai menggendong Ray pindah ke luar kamar. Namun, hasilnya masih nihil. “Ray, bangun, yuk! Sudah siang lo, kan harus sekolah.” “Mmmm…” Tak lama Ray membuka matanya, tapi masih tampak malas untuk bergerak. “Ayo, Ray, mau makan atau mandi dulu?” “Aku nggak mau sekolah, Maaaaa, aku mau tidur aja!” dan Ray merem lagi. Sarah pun geleng-geleng bingung, bagaimana membujuk anaknya agar bisa bangun tepat waktu.

Belum lagi mengatasi drama pagi hari yang biasanya berujung dengan tangisan Ray karena Sarah setengah memaksa Ray untuk mandi atau makan. Bagaimana jika Ray sudah sekolah beneran di SD. Bukankah bangun pagi mutlak dilakukan agar tak terlambat ke sekolah? Apakah drama sulit bangun paginya akan terus berlanjut, ya?

Cukup Tidur Di Malam Hari

Psikolog Ratih Pramanik menuturkan, agar anak tak sulit bangun pagi, pastikan anak tidur cukup saat malam hari. “Waktu tidur ideal anak prasekolah adalah 1o jam, misalnya dari pukul 20.00 sampai dengan 06.00,” jelas Ratih. Kalau sudah dibiasakan tidur cukup, otomatis anak pun bisa bangun pagi. Tapi biasanya “drama” sering terjadi di sini. Anak bisa sulit bangun pagi, karena waktu tidurnya kurang dari 10 jam, sehingga badannya belum betul-betul siap untuk bangun.

Walaupun bangun, anak merasa tidak bugar, bahkan lesu. Akibatnya bisa ditebak, si prasekolah akan cenderung rewel saat diminta mandi atau sarapan. Jika sudah rewel, lalu anak mulai marah dan menangis, yang sangat mungkin berakhir dengan drama. Selain itu, tidur kurang nyenyak juga bisa menyebabkan anak sulit bangun pagi.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *