Inspirasi: Tanya Jawab Seputar Bisnis Makanan Bersama Pakarnya

Membaca rubrik bisnis makanan, membuat saya ingin bertanya tentang problem yang saya alami. Saya tidak memiliki keluarga berlatar belakang bisnis.

Saya khawatir dengan masa depan saya yang tidak jelas. Saya bekerja dengan gaji yang cukup untuk bertahan hidup saja. Bagaimana dengan masa depan saya jika saya terus bekerja.

Baca Juga: Cara Memilih Vendor Untuk Pesta Pernikahan

Kalau saya ingin berusaha sendiri di bidang kuliner, apakah harus ada bakat bisnis? Sedangkan saya merasa tidak berbakat. Saya hanya suka memasak. Mohon pencerahannya. Salam.

Jawaban

Dear Mediana, Apakah Anda masih ragu-ragu untuk berbisnis karena tak punya bakat? Anda ingin berbisnis, namun tidak punya keluarga berlatar belakang bisnis dan merasa tidak punya bakat. Apakah untuk menjadi seorang pengusaha harus punya latar belakang keluarga pebisnis? jawabannya tidak selalu!

Memang tak dapat dipungkiri jika seseorang berasal dari keluarga yang berlatar bisnis, akan lebih mudah jika ingin menekuni dunia bisnis sebagai pilihan masa depannya. Keluarga yang berlatar belakang bisnis tentu punya pengalaman yang berharga tentang seluk- beluk bisnis. Selain itu keluarga akan memberikan support atau dukungan.

Dukungan yang diberikan antara lain motivasi, moril, ilmu, modal, dan network. Sudah jelas seseorang yang berasal dari keluarga pebisnis, akan lebih mudah jalannya dibandingkan keluarga non-pebisnis.

Namun jika niat Anda kuat sekali, apa pun latar belakang keluarganya tak akan menghalangi niatnya. Memang tak mudah, tapi bisa jika Anda punya kemauan kuat. Apakah untuk berwirausaha harus ada bakat? Jawabannya tidak selalu! Beberapa orang yang sudah sukses di usaha kuliner tidak selalu pintar memasak atau pintar berbisnis. Hal ini pun berlaku untuk Anda. Jika Anda merasa tak punya bakat, tapi niat Anda kuat ingin berusaha, maka Anda harus banyak belajar. Jika orang yang punya bakat bisnis, cukup dengan satu kali belajar untuk mahir berbisnis, Anda mungkin harus belajar 10x lebih keras.

Masukan Agar Mahir Berbisnis

Tak soal. Yang penting Anda pun mampu jadi pengusaha. Jika Anda terkendala dengan masalah latar belakang dan bakat berikut ini ada beberapa masukan yang dapat diperimbangkan untuk dilakukan.

  1. KUATKAN MOTIVASI DIRI

Fokuskan pikiran ke arah niat berusaha atau meningkatkan penghasilan Anda. Karena Anda mengutarakan ingin berwirausaha, maka kuatkan pikiran Anda bahwa Anda mampu berwirausaha. Jangan fokuskan pikiran pada kekurangan yang dimiliki seperti bukan dari keluarga bisnis atau tak punya bakat.

Baiknya kuatkan niat dan fokuskan pikiran bahwa Anda mampu untuk berwirausaha. Untuk lebih menguatkan niat dan fokus, Anda perlu mencari buku-buku motivasi terutama tentang kisah-kisah inspiratif orang-orang yang berhasil mencapai mimpinya walaupun ia punya keterbatasan.

Harapannya setelah Anda membaca kisah inspiratif orang lain yang berhasil, maka Anda akan termotivasi, lebih percaya diri, dan memperoleh kemantapan hati.

  1. MELAKUKAN TES BAKAT

Setelah Anda termotivasi dan mantap hati, selanjutnya Anda dapat melakukan tes bakat. Tes bakat dapat dilakukan di klinik-klinik psikologi yang menyediakan jasa tes bakat.

Dengan melakukan tes ini, diharapkan Anda tahu bakat atau kemampuan unggulan Anda. Dengan mengetahui kelebihan diri, Anda akan bisa diarahkan untuk memilih usaha apa yang paling cocok untuk Anda.

  1. BELAJAR BISNIS

Jika Anda sudah tahu pilihan bisnis yang tepat, selanjutnya bisa belajar banyak tentang selukbeluk bisnis tersebut mulai dari teori dan praktiknya. Anda bisa ikut berbagai pelatihan bisnis atau bekerja terlebih dahulu pada bisnis yang sama.

Anda juga perlu banyak membaca tentang berbagai hal mengenai bisnis tersebut sehingga wawasan bisnis Anda bertambah luas. Semoga masukan saya menjadi pencerahan untuk Anda. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *