Batasi Akses Internet untuk Perangkat yang sudah di root

Aplikasi firewall yang cocok untuk perangkat yang sudah di root salah satunya yaitu DroidWall – Android Firewall. Aplikasi ini berukuran kecil ini akan membatasi aplikasi apa saja yang dapat menguras kuota internet secara tersembunyi. Penggunaan dan pengaturannya mudah karena aplikasi ini hanya terdiri dari satu halaman muka dan langsung menampilkan semua daftar aplikasi yang terpasang di perangkat. Dari sini Anda bisa memilih apakah aplikasi tersebut hanya bisa menggunakan koneksi Wif, 3G atau keduanya.

Baca juga : Net89

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut proses pemasangan dan pengoperasiannya: • Unduh dan pasang DroidWall dari Google Play Store. • Jalankan, dan tunggu hingga firewall ini mendeteksi dan menampilkan seluruh aplikasi yang ada di Android. • Ada dua mode dalam DroidWall yaitu White list yang membolehkan aplikasi untuk mendapatkan akses langsung ke internet serta Black list yang merupakan pilihan beberapa aplikasi yang tidak diberikan ijin untuk mendapatkan akses internet.

  • Untuk itu Anda bisa langsung memilih mana aplikasi yang masuk ke dalam White list dan Black list. Tekan pilihan Mode yang terdiri dari White list dan Black list. • Pilih White list terlebih dahulu. Beri tanda centang pada aplikasi yang boleh mengakses internet, baik pada pilihan WiFi atau 3G. • Tekan tombol fsik Menu sehingga tampil opsi tambahan. Tekan Save Rules untuk menyimpan dan Firewall Enable untuk mengaktikannya.
  • Jika Anda menggunakan White list, apa yang baru diinstal tidak akan bisa mendapatkan akses internet sebelum Anda mencentangnya di DroidWall. Contohnya, jika Anda memasang aplikasi Facebook dan tidak bisa mencapatkan akses internet, itu dikarenakan DroidWall telah memblokir aksesnya. Anda mesti masuk lagi ke White list dan menambahkan aplikasi yang terpasang belakangan (Facebook).
  • Beralih ke Black list, mirip dengan White list, pilih aplikasi yang tidak ingin mendapatkan akses internet. • Lakukan pula cara yang sama dengan White list. Tekan tombol fsik Menu sehingga tampil opsi tambahan. Tekan Save Rules untuk menyimpan dan Firewall Enable untuk mengaktifkannya. Tekan Exit untuk menyudahinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *